Selasa, 30 November 2010

Akari warna gambar hilang

Sore menjelang Maghrib, saya kedatangan tamu yang membawa TV Akari IC-20M90. Singkat cerita keluhannya bahwa warna menjadi B/W dengan suara mendesis. Bada Maghrib TV saya nyalakan dan langsung saya lihat senua channel tak satu pun yang berwarna. Data tv tsb menggunakan Ic prog PTC S030201 dengan micom LA76810B, vert 7840, hor D2499, reg C42219.
 Pencarian langsung saya check system suara dan ternyata ada pada system 4.5 mhz, yaga seharusnya 5.5 mhz, tapi setelah saya rubah dan keluar dari program system kembali semula yaitu 4.5mhz. Untuk menghadapi kasus seperti ini coba saya buka service menu (menu di tv + sleep diremote). Setelah masuk coba anda cari menu nomor 11, kemudian ubah OPT-COLOR-SYSTEM dari 1 menjadi 2, ubah juga OPT-SIF -SYSTEM dari 0 mejadi 1 lalu keluar dari service menu.  Kemudian masuk kemenu cari SYSTEM rubah M/N menjadi B/G terus keluar dari main menu. Masuk lagi ke SERMOD, cari menu 11 ubah seperti semula OPT-COLOR-SYSTEM menjadi 1 dan ubah OPT-SIF-SYSTEM menjadi 1, selanjutnya tekan  sleep2 kali. Coba anda Auto search  lagi, warna tidak hilang dan system 5.5 mhz.
  Terimakasih banyak buat pak Mar yang telah memberikan ilmunya, semoga bermanfaat