Sabtu, 04 Desember 2010

POLYTORN TIDAK BISA START

Hari yang melelahkan, mendapat servisan Polytron type BB2931KT, dengan kerusakan TV nyala ketika power off lewat remote,tv mati, tapi ketika di on kan lewat remote atau ch + tidak bisa nyala, anehnya bisa nyala ketika tombol power ditekan kembali hidup. Dan tombol power apabila ditekan tv tidak mati total, lampu led tetap nyala.
Konon menurut yang punya, ia beli tv dengan harga murah dan sempat diperbaiki dan hasilnya seperti cerita diatas. Keluhan kedua bahwa TV tsb kadang kadang gambar hilang (raster ada). Agak down juga memperbaiki bekas servisan orang. Tapi emang dah resiko, okelah kalau begitu....
TV saya bawa kerumah, langsung saya bongkar,saya balik pcb dan wow kerennn, banyak jumperan disana sini,kenapa sampai begini. Akhirnya semua jumperan sasaya lepas,sesuai originalnya, check secara fisik, terlihat ada elco 22mf/160V yang menggembung,dan memang setelah saya check rusak, langsung saya ganti, mungkin ini problem yang menyebabkan gambar sering hilang.
Selanjutnya power saya colokan,TV standby, check semua tegangan keadaan standby, terbaca B+115V=25V,50V=8V,14V=2V, dan tegangan 5V ada. Ini adalah kondisi normal dalam keadaan standby untuk regulator TV ini.Tombol pwer remote saya aktifkan led mayi, begitu juga TVnya, ngak ada gambar ataupun suara.Saya coba check semua tegangan B+, 15V, -15V, 50V, 12V semuanya ada, tapi kenapa TV ini tidak aktif. Iseng iseng saya coba socket speaker depan
dan TV bisa nyala, oh rupanya bagian suara yang menyebabkan TV ini mati, penelusuran saya alihkan kebagian suara dan memang Ic power TDA 2030 rusak 1, ia memang stereo jadi ada 2 IC. Penggantian ic pun dilakukan soket speaker depan saya colokan dan M@k byarr tv nyala...Coba saya mainkan on/off lewat remote ternyata normal.
Pemasangan selanjutnya untuk socket speaker bagian belakang, dengan power yang berbeda, TV normal dimatikan lewat remote dan hidupkan lagi, tapi TV ini mati total,apakh bagian power suara speaker belakang rusak? ternyata setelah saya check normal.
Untuk tegangan saya telusuri, ternyata bagian untuk trafo driver +50V drop, tapi input ok, apakah elco bagian ini problem, selelah pengechekan dan test naikan capasitas elco tidak berhasil, elconya 10mF/50V dibagian trafo driver, saya naikan sampai 470mF tidak berhasil, emang bukan elconya, kembali saya pasang elco semula. Anehnya kalau power socket speaker belakang saya lepas, normal....
Akhirnya jurus coba cobapun saya terapkan,didapati R507 dan R508 dengan nilai 470 ohm saya turunkan menjadi 10 ohm keduanya,dan TV pun normal dengan socket power terpasang.
Terakhir problem pada swicth power yang mungkin oleh servise yang pertama locknya dibuang shg seperti tombol push button saja, cari swicth yang cocok tidak ada, akhirnya pengoplosan swicth dilakukan, selesai
Yang jadi masalah kenapa R507 dan 508 harus diturunkan nilainya? Mohon saran dan commentnya... Moga bermaanfaat...

1 komentar:

Liatronic mengatakan...

Sukses mas...
Meskipun ckup melelahkan akhirnya ada kepuasan tersendiri trus met gajian dech.
Thanks infonya...