Sabtu, 11 Desember 2010

Sanyo ganti CRT protect

Beberapa minggu yang lalu saya mendapatkan TV Sanyo CG20KX2, dengan kondisi layar gelap, tidak ada suara. Casting saya buka untuk melihat kondisinya, saya nyalakan dan dibagian filament crt nyala terang tidak seperti biasanya, salah satu gun terang sekali short pada G2 dan katoda, beberapa cara sudah dilakukan, kondisi antara G1,G2,dan katoda tidak ada yang short meski ukuran X10 tester kami.
Akhirnya eksekusi kami arahkan bahwa CRT rusak. Setelah pencarian dan CRT sudah didapat, pemasanganpun dilakukan. Selesai pemasangan test kondisi ternyata protect, TV kembali standby setelah beberapa detik.Padahal sebelumnya tidak. Saya coba ganti yoke aslinya TVpun normal (tidak protect lagi)tapi gambar gaussing karena yoke tidak cocok.
Saya ambil langkah untuk memasang kembali yoke bawaan CR, meski protect. Memang untuk TV ini ada beban sedikit saja dia akan protect, contohnya jika ganti FBT bukan dari Service Centernya, katanya perbedan kapasitas FBTnya...
Dari pada ganti CRT asli yang harganya mahal konon menurut SCnya sekitar 800 rban, akhirnya saya lepas R830 (1Kohm) untuk melepas protecnya, setelah itu TV pun nyala dengan normal, tinggal setel V height dll...
Mudah mudahan bermanfaat

1 komentar:

Liatronic mengatakan...

Seeep bro....thanks infonya.